Cara memasak rawon spesial

Rawon merupakan makanan khas jawa timur. rawon ini juga sering disebut nasi rawon sebab hidangan-nya selalu bersama nasi serta pelengkap lain-nya. rawon ini adalah sebuah makanan yang berupa sebuah dengan bumbu yang sangat enak sekali, sebab menggunakan buak kluwek pada pembuatan-nya. rawon tersebut meskipun sangat dikenal sebagai menu hidangan khas jawa timur, namun juga dikenal oleh semua masyarakat dijawa tengah bagian timur semisal daerah surakarta.

Cara memasak rawon, resep rawon

Daging yang sering digunakan untuk membuat rawon adalah daging sapi yang dipotong-potong kecil. bumbu sup nya adalah bumbu khas masakan indonesia. yaitu adalah campuran bahan semisal lengkuas, bawang merah, ketumbar, bawang putih, kunyit, serai, cabe, garam, buah kluwek serta minyak nabati. semua bahan tersebut dihaluskan kecuali lengkuas serta serai. warna gelap pada sup rawon yaitu dihasilkan dari buah kluwek. Nah resep yang akan kami bagikan merupakan cara membuat serta memasak rawon spesial dan nikmat.

Bahan yang akan diperlukan:
- Siapkan iga sapi sebanyak 1/2 kg
- Siapkan bawang merah sebanyak 8 buah
- Siapkan lengkuas sebanyak 1 ruas
- Siapkan bawang putih sebanyak 2 siung
- Siapkan jahe sebanyak 1 ruas
- Siapkan kunyit sebanyak 1 ruas
- Siapkan ketumbar sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan jintan sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan keluak sebanyak 3 biji
- Siapkan serai sebanyak 1 batang
- Siapkan daun jeruk purut sebanyak 2 lembar
- Siapkan Minyak, garam, serta penyedap seperlunya
Cara memasak rawon spesial:
1. Iga sapi direbus kemudian dipotong. haluskan semua bumbu yang sudah dikumpulka, kecuali daun jeruk
2. Bumbu ditumis hingga harum. lalu masukan serai serta daun jeruk purut
3. Lalu, bumbu dimasukan pada rebusan iga sapi
4. Yang terakhir masukan garam, penyedap, asam jawa, lalu aduk hingga merata. tunggi hingga matang serta iga sapi terasa empuk.
Itulah tahapan resep rawon, cukup gampang untuk dibuat serta tidak membutuhkan banyak bahan pada pengolahan-nya. dalam saat menghidangkan anda mampu menambahkan irisan mentipun, sambel kerupuk, serta tomat. jangan lupa konsumsi lah rawon bersama nasi, sebab itu menambahkan kenikmatan serta kepuasan pada menyantap suatu hidangan, rawon disajikan selagi hangat, dalam saat memotong daging jangan terlalu besar. potong dengan ukuran kotak kecil kecil. ini akan membuat bumbu bisa menyerap dengan baik dalam memudahkan anda ketika mengkonsumsinya. jika pengen daging terasa empuk, maka pasaklah dengan menggunakan panci presto. bagi selera pedasnya anda mampu menambahkan cabai sesuai dengan keinginan anda. gampang bukan ? Sekarang anda mampu mencoba buatnya dirumah. yang sangat penting menambahkan kluwek yang tepat. agar rasanya tidak akan pahit. Selamat mencoba

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara memasak rawon spesial"
Back To Top