Tips memilih ikan yang segar dan sehat

Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan. yang paling utama ikan laut segar yang diambil langsung dialam bebas, ikan tersebut mempunyai kandungan omega3 yang sangat baik bagi pertumbuhan serta kecerdasan otak. Oleh sebab itu memiliki ikan yang masih segar serta baik menjadi saran sangat penting bagi kita semua, supaya kandungan protein serta nutrisi yang terkadung pada ikan segar cepat rusak maupun hilang sebelum dimakan.
Tips memilih ikan yang segar dan sehat

Berikut ini ada beberapa tips memilih ikan yang segar dan sehat

1. Kondisi mata ikan harus diperhatikan
Mata ikan yang segar hampir sama dalam saat hidup, tetapi jika anda tidak tahu!! ciri-ciri mata ikan yang masih segar yaitu terlihat bening, cembung, serta menonjol. bila anda mendapatkan ikan yang matanya redup, sayu, berwarna kelabu, serta matanya diselimuti dengan lendir, alangkah baiknya anda harus membatalkan buat membelinya, sebab itu akan merusak kesehatan tubuh kita. pilihlah ikan yang masih segar dan sehat.

2. Lihat dulu kondisi insang ikan
Cara memilih insang ikan yang segar kita cuman hanya membedakan jenis warnanya saja yang terang dengan yang tidak, dari warna yang aslinya. insang yang masih segar mempunyai warna merah tua, terang ataupun cerah, dan tidak berbau asing. sedangkan ciri ikan yang tidak segar yaitu insang yang gelap ataupun pucat, serta kotor, berlendir, agak warna keabuan, dan berbau busuk.

3. Perhatikan lendir dalam ikan
ciri-ciri ikan yang segar yaitu adalah transparan, cemerlang, serta homogen, jika tidak homogen maupun berwarna ke kuning-kuningan serta berwarna putih susu maka dapat dikatan bahwa ikan tersebut tergolong ikan yang tidak segar dan busuk.

4. Perhatikan kondisi pada kulit ikan
Kulit ikan yang sehat serta segar yaitu adalah berwarna cemerlang serta tidak pudar. sedangkan ikan yang busuk tidak terlihat segar serta berwarna pudar.

5. Amati pada sisik ikan yang segar
jika sisik ikan sangat melekan serta memiliki warna yang mengkilat, itu merupakan ikan yang masih segar serta baik untuk dikonsumsi. tetapi jika sisik yang memiliki banyak lendir serta berbau busuk itu merupakan ikan yang tidak baik untuk dimakan.

6. Pastikan ikan tidak ada bekas luka
Organisme renik maupun parasit akan lebih suka hinggap, jika kondidi ikan mempunyai luka-luka maupun patah-patah. badan ikan yang masih agak terasa keras itu sangat lebih baik.

7. Pastikan siripnya kuat
Jika sirip sudah menandakan kelemahan-nya yaitu telah patah serta akan berbau busuk. hal itu dapat dikatakan ciri ikan yang sangat tidak segar.

Itulah tips memilih ikan yang segar dan sehat, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tips memilih ikan yang segar dan sehat"
Back To Top