Tips agar masakan tidak mudah basi

Memasak makanan buat keluarga tercinta sangat menyenangkan sekali, apalagi kalau hasil masakan kita jadi makanan terfavorit serta selalu merindukan. humm pasti akan semakin semangat memasak? Adakalanya masakan yang selalu kita buat tidak habis pada waktu sehari, kemudian bagaimana tips menaruh supaya tidak basi? jika sebagaian kaum wanita yang telah tahu, bagaimana tips menaruh yang tepat menaruh masakan dengan baik.

Tips agar masakan tidak mudah basi

Menaruh masakan dengan baik akan membuat masakan tidak gampang basi serta tetap terjaga kesehatan-nya. sayang sekali bukan, masakan yang kita buat dengan sulit harus berakhir ditempat sampah cuman hanya karena telah basi, berubah tekstur serta rasanya dan berjamur.

Berikut ini ada beberapa tips agar masakan tidak mudah basi

1. Sebelum disimpan dihangatkan dulu 
Sebelum menaruh makanan, pastikan anda harus menghangatkan-nya. buat sayuran yang berkuah, pastikan dengan menghangatkan-nya sampai mendidih. buat olahan sambal maupun masakan yang berbumbu kental, Anda mampu menambahkan air sedikit, lalu memasaknya sampai kering.

2. Saat masakan sedang panas jangan tertutup lebih rapat
Sesudah masakan dihangatkan, biarkan dulu sampai panas menguap atau agak dingin, kemudian barulah anda mampu menutup serta menaruh masakan. sebab jika menutup langsung masakan yang sedang panas akan membuat uap air masuk pada masakan yang menjadi penyebab masakan cepat basi.

3. Simpan pada wadah kedap udara
Wadah kedap udara menjadi salah satu pilihan yang tepat buat menyimpan masakan, sebab sangat lebih aman serta maksimal untuk menjaga masakan supaya tidak terkontaminasi kuman atau bakteri yang merusak pada masakan. dan jangan lupa bahan buat penyimpanan berkualitas baik seperti terbuat dari bahan botol, alumunium, plastik, stainless, serta yang lain-nya.

4. Hindari untuk mengaduk/menyentuh masakan di area penyimpanan
Jika masakan telah dihangatkan serta ditaruh pastikan anda tidak boleh mengaduk atau menyentuh masakan tersebut, sebab hal itu akan membuat masakan lebih gampang basi. kalau keesokan harinya, anda hendak memakan masakan tersebut, silahkan untuk menghangatkan-nya terlebih dahulu.

5. Hindari penyimpanan masakan diluar ruang
Walaupun telah dihangatkan, tetapi anda jangan menyimpan masakan tersebut diluar ruangan terlalu lama, sebab rentan terkontaminasi kuman ataupun bakteri akan membuat masakan cepat basi.

6. Masakan disimpan pada lemari pendingin
Sesudah dihangatkan lalu ditaruh pada wadah kedap udara, anda dapat menyimpan-nya kedalam lemari pendingin supaya masakan lebih tahan lama serta tidak cepat basi. pastikan juga lemari pendingin tidak dalam kondisi penuh sesak supaya makanan anda mempunyai ruang buat sirkulasi udara yang sangat baik.

Semoga tips agar masakan tidak mudah basi yang kami jelaskan diatas mempermudah pekerjaan anda dalam sehari-hari. Terimakasih

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tips agar masakan tidak mudah basi"
Back To Top