Cara memasak tofu asam manis yang enak

Mari kita membuat kreasi yang jauh lebih unik lagi dengan tofu. Saus asam manis-nya yang membuat rasa tofu tidak akan terkalahkan. Rasa asam, manis, gurih, dan sedikit pedas. Aroma bawang yang di tumis membuat semua orang ingin menikmati-nya. Tofu asam manis ini sangat cocok untuk vareasi hidangan di saat momen-momen bahagia, seperti disaat arisan keluarga, ultah dsb. Berikut ini adalah resep tofu asam manis super lezat.

Cara memasak tofu asam manis, resep tofu asam manis

Bahan-bahan :
- Siapkan tofu sebanyak 2 bks (potong-potong tebal sekitar 1cm)
- Siapkan tepung maizena sekitar 2sdm
- Siapkan minyak goreng secukup-nya (yang akan di gunakan untuk menumis dan menggoreng)
Bahan untuk membuat saus asam manis :
- Siapkan bawang putih sebanyak 5 siung (kemudian cincang halus)
- Siapkan bawang bombay sekitar 1/2bh (kemudian cincang halus)
- Siapkan tomat yang sudah berwarna merah sekitar 3bh (kemudian kukus,kupas, dan haluskan menggunakan cobek/blender)
- Siapkan saus sambal kurang lebih 4sdm
- Siapkan saus tomat sekitar 2sdm
- Siapkan  garam kurang lebih 1sdt
- Siapkan gula pasir kurang lebih 2sdm
- Siapkan minyak goreng sekitar 3sdm
- Siapkan air kurang lebih 250ml
- Siapkan tepung maizena sekitar 1sdm (larutkan bersama sedikit air)
Cara memasak tofu asam manis yang enak :
1. Tofu yang sudah di potong-potong tadi lumuri dengan tepung maizena yang sudah di larutkan dengan sdedikit air. Kemudian goreng sampai berwarna kuning keemasan. Kemudian angkat, dan tiriskan.
2. Kemudian buat saus asam manis-nya. dengan cara menumis bawang putih, bawang bombay sampai tercium harum, kemudian masukan tomat yang sudah di haluskan tadi kedalam tumisan bawang, dan masukan saus tomat, saus sambal, air, gula, dan garam, (aduk sampai rata) masak sampai mendidih. kemudian tambahkan tepung maizena (aduk-aduk sampai mengental). Setelah mengental kemudian angkat.
3. Tata tofu yang sudah di goreng tadi di piring saji, kemudian siram tofu yang sudah di tata dlam piring tadi dengan saus asam manis. kemudian Sajikan.
Itulah resep tofu asam manis. cara membuat tofu asam manis ini sangat lah mudah dan waktu pembuatannya hanya memerlukan waktu sekitar kurang lebih 25menit. Resep tofu asam manis kali ini teruji untuk 6 porsi. Jika anda ingin membuat nya di rumah dan menginginkan porsi yang lebih banyak lagi silahkan anda menambahkan bahan-bahan dengan sesuai kebutuhan.
Dan jangan lupa untuk membiasakan mencuci bahan dan bumbu terlebih dahulu di bawah air yang bersih dan mengalir. Itulah resep tofu asam manis dari kami semoga bermanfaat bagi anda semua.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara memasak tofu asam manis yang enak"
Back To Top