Mengenal jenis bumbu-bumbu yang harus disediakan didapur

Bumbu-bumbu berguna untuk memberi aroma, rasa, serta warna khas dalam masakan. namun untuk dapat memasak segala menu, kita harus mengenal segala jenis bumbu-bumbu dapur dulu supaya berani bereksperimen. apalagi bumbu-bumbu dapur yang ada di wilayah indonesia sangat banyak.

Mengenal jenis bumbu-bumbu yang harus disediakan didapur

Berikut ini ada beberapa jenis bumbu-bumbu yang harus disediakan didapur untuk perlengkapan masak:

1. Ketumbar
Banyak sekali yang digunakan sebagai bumbu halus pada segala masakan yang ada didunia. berbeda dengan lada, yang berlebihan menggunakan-nya akan menimbulkan rasa yang sangat pedas. ketumbar ini lebih banyak menghasilkan aroma yang wangi serta sedap. selain bijinya, daun ketumbar juga dapat digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. kita mengenal sop ayam yang sangat sedap sekali aromanya, karena itu menggunakan bumbu daun ketumbar. begitu juga beberapa jenis salad yang menggunakan daun tersebut.

2. Jinten
Jinten ini memiliki betuk yang mirip dengan adas manis, hanya lebih ramping, serta warnanya pun lebih hitam. biji jinten mempunyai citra rasa yang sangat pahit sekali serta aroma hangat yang sangat kuat. jinten ini mempunyai dua macam, yakni jinten putih serta jinten hitam. memberikan sedikit rasa yang manis serta harum dalam masakan semisal gula, opor, serta kari. jinten ini harus disimpan pada wadah yang tertutup sebab gampang sekali lapuk serta berjamur. jinten hitam mempunyai rasa yang sangat khas sekali serta tidak bisa digantikan dengan macam yang satu lagi.

3. Kunyit
Kunyit adalah salah satu bumbu rempah-rempah yang banyak digunakan buat memasak. kunyit ini digunakan buat memberi efek warna kuning dalam masakan selain menetralisir bau amis. kunyit ini juga digunakan sebagai jamu maupun buat kecantikan serta kesehatan. manfaat kunyit buat kesehatan adalah untuk menyembuhkan penyakit diabetes, disentri, usus buntu, memperlancar asi, tifus, disentri, gusi bengkak, perut mulas ketika haid, menstruasi yang tidak lancar, amandel, serta penyakit yang lain-nya.

4. Jahe
jahe ini sangat terpopuler sekali sebagai bumbu rempah serta bahan obat. biasanya jahe ini dimasukan pada masakan dengan cara diiris, dihaluskan, maupun diparut, citra rasa yang dihasilkan sangat pedas serta justru sangat disukai, sebab dapat memberikan rasa yang sangat hangat. jahe ini memiliki banyak sekali manfaat antara lain buat menyembuhkan penyakit impotensi, sakit kepala, batuk, sakit pinggang, rematik, mencegah mual sesudah dioperasi, cacingan, mengatasi sakit sebab osteorthritis, serta menghilangkan mual pada ibu yang sedang mengandung.

5. Andaliman
Bumbu yang selalu dipakai dalam masakan yang khas dibeberapa daerah pulau sumatra. bentuknya adalah semisal merica dengan citra rasa serta aroma yang sangat segar semisal jeruk lemon. ada rasa pedas yang dikeluarkan dari andaliman ini, saat dipetik buah ini memiliki warna hijau serta lama kelamaan akan menjadi warna hitam. bagus yang masih segar ataupun yang telah berwarna hitam bisa dipakai.

6. Lengkuas
Lengkuas ini adalah bumbu dapur yang mempunyai wangi yang khas, lengkuas ini sering sekali dipakai sebagai bumbu pelengkap disamping bawang putih serta bawang merah. banyak sekali masakan indonesia yang menggunakan wangi yang sangat khas dari lengkuas tersebut.

7. Serai
Selain memberikan aroma dalam masakan, serai ini juga sering sekali digunakan sebagai menambah aroma dalam minuman yang panas. adapun minyak serai adalah minyak atsiri yang diolah dengan jalan menyuling tanaman tersebut. selain itu kegunaan yang lain pada tanaman ini merupakan aroma yang mampu digunakan buat mengusir nyamuk, bagus berupa minyak maupun berupa tanaman-nya.

8. Bunga lawang
bunga lawang ini biasa sering digunakan buat bumbu masakan indonesia ataupun cina. bunga lawang ini dijual pada bentuk yang kering. dalam pmenggunakan-nya cukup sedikit saja, sebab aromanya sangat kuat. ini gampang diperoleh dipasar tradisional.

9. Biji pala
Biji pala ini digunakan buat menambah rasa serta aroma dalam masakan semisal semur daging. tetapi kadang juga digunakan buat memberi aroma dalam kue.

10. Kencur
Kencur memiliki aroma yang sangat tajam. kencur ini sering sekali digunakan untuk bumbu garang asem, urap, sambel tempe serta prekedel jagung.

11. Temu kunci
temu kunci memiliki aroma yang sangat segar sekali. temu kunci ini biasanya digunakan untuk membuat sayur bayam/bening. rimpang temu kunci juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. daun-nya juga mempunyai efek anti racun.

12. Adas
Adas merupakan termasuk bumbu macam biji-bijian. bentuknya mirip sekali dengan jinten, cuman hanya sedikit lebih besar. adas ini selalu digunakan sebagai bumbu kari, kebab serta yang lain-nya. aromanya pun sangat harum sekali serta sedikit agak pedas.

13. Kapulaga
Kapulaga ini memberikan aroma yang sangat khas sekali dalam masakan ataupun kue. kapulaga ini selalu digunakan dalam 2 macam, putih ( Buat masakan ), hijau buat minuman serta kue. kapulaga ini selalu digunakan juga buat masakan india, serta temur tengah.

14. Kayu manis
Bumbu rempah ini berasal dari kulit pohon kayu manis. banyak sekali orang mengira bhwa kayu manis ini digunakan cuman hanya sebagai bumbu pelengkap buat masakan panggang maupun minuman. tetapi citra rasanya manis, serta sensasi hangat bumbu rempah yang satu ini bisa digunakan juga buat masakan rebus serta saus. manfaat kayu manis ini sangat banyak serta dapat mengatasi infeksi kadar kemih, mengobati demam, menurunkan kadar kolekstrol, mengobati luka dalam perut, sinus, batuk kronis, meredakan perut kembung, mengobati kanker, menurunkan berat badan, bau mulut, serta mengatasi jenis makanan yang lain-nya.

15. Lada
Lada adalah bumbu rempah yang sangat terpopuler diwilayah indonesia. dengan 3 macam jenis: lada putih, lada hitam, serta lada hijau. lada hitam adalah jenis yang paling banyak digunakan serta rasanya pun paling kuat. lada putih mempunyai rasa yang sangat pedas tetapi kurang tajam. lada hijau umumnya buat digunakan buat memberi rasa yang sangat lembut. sangat banyak sekali masakan indonesia serta masak dunia yang menggunakan bumbu lada, dari mulai sayur sop, serta segala jenis masakan yang lain-nya.

16. Kemiri
Kemiri biasanya selalu digunakan untuk membuat sambal serta bahan campuran bumbu yang diulek. serta juga dapat dijadikan sebagai saus yang kental yang dikonsumsi dengan sayuran serta nasi, biji yang terdapat pada kemiri mempunyai lapisan pelindung yang sangat keras sekali serta mengandung minyak sangat sangat banyak. yang selalu digunakan sebagai lilin.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Mengenal jenis bumbu-bumbu yang harus disediakan didapur"
Back To Top