Cara memasak colenak yang enak

Tahu kah anda dengan makanan ini " Colenak "? Colenak adalah salah satunya makanan khas dari jawa barat yang paling tepatnya yaitu kota bandung. Colenak merupakan makanan yang berbahan utama singkong yang di buat jadi tape, Colenak adalah tape yang di bakar dan di atasnya di taburi saus gula kelapa. Makanan yang berbahan utama tape singkong (peuyeum) dinamakan colenak karena berasal dari bahasa sunda yang lain lagi " Di cocol enak ".

Cara memasak colenak yang enak

Pastinya orang sunda tahu dengan colenak ini, Tetapi pernahkah anda membuat dan menghidangkan-nya sendiri ? Nah buat anda yang belum pernah membuatnya, dan kali ini anda ingin menghidangkan colenak masakan sendiri, anda jangan khawatir dengan reesep dan cara membuatnya, karena pada kesempatan ini saya akan berbagi resep dan cara membuat colenak. berikut akan kami beberkan resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan untuk membuat Colenak :
  • Sediakan tape singkong (peuyeum) sekitar 1/2 kilo gram
  • Sediakan kelapa yang sudah di parut sekitar 1 ons
  • Sediakan gula merah sekitar 1 ons (gula kawung)
  • Sediakan vanilly sekitar 1 bungkus
  • Sediakan garam sekitar 1/4 sendok teh
Cara memasak colenak yang enak :
1. Tape singkong (peuyeum) di bakar hingga matang.
2. Campurkan parutan kelapa, gula dan vanilly, kemudian masukan garam.
3. Masak kelapa parut yang telah di campur dengan gula dll, hingga tercampur rata.
4. Terakhir tape yang telah di bakar di potong-potong, kemudian tambahkan saus gula kelapa di atasnya. lalu hidangkan.
Nah itulah resep Colenak. gimana mudah dan simpel kan cara membuatnya ? Tentunya mudah karena bahan-bahannya juga sangat sederhana banget, Resep colenak kali ini juga teruji untuk dua sampai empat porsi. Pastinya anda tertarik untuk membuat colenak ini dan menyantap-nya di saat berkumpul bersama keluarga anda. Sekian resep colenak dari saya, semoga bermanfaat untuk anda semua. Selamat untuk mencoba.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara memasak colenak yang enak"
Back To Top